BADAN PENGELOLA SARANA PENYEDIA AIR MINUM DAN SANITASI ( BP SPAMS ) “ TIRTA SARI “
Ds. Purwosari
Kec. Tlogowungu Kab. Pati Prov. Jawa
Tengah Email : tirtasari34@ymail.com
SEKILAS LAPORAN
PELAKSANAAN KEGIATAN
TAHUN 2010 s/d 2013
I.
PENDAHULUAN
Badan
Pengelola Sarana Penyedia Air Minum dan Sanitasi ( BP SPAMS ) TIRTA SARI yang
berkedudukan di Desa Purwosari bergerak di bidang pengelolaan air minum dan
sanitasi hasil dari program yang berkelanjutan PAMSIMAS Tahun 2009.
Berdasarkan
surat keputusan Kepala Desa No: 443.52/01/2010 tertanggal 14 Januari 2010 ,BP
SPAMS “ TIRTA SARI “terbentuk ,dan atas dasar Rapat bersama pengguna air bersih
TIRTA SARI pada tanggal 28 Pebruari 2010 di
Balai Desa Purwosari terjadi kesepakatan di antaranya penentuan tarif dan pembuatan AD ART sebagai
acuan untuk
Pelaksanaan kegiatan BP
SPAMS Tirta Sari, cakupan wilayah
pelayanan adalah di dukuh pakel yang
terdiri dari 537 Rumah dan 656 KK.
berawal dari
Bulan Maret 2010, Paska LKM Sambungan Rumah sebanyak 241(SR), sampai
akhir bulan Desember 2010 sambungan baru sebanyak 70 unit , akhir bulan
desember 2011 sambungan baru 31 unit, dan akhir
desember 2012 sambungan baru 24 unit, sehingga
jumlah sambungan rumah [SR] per desember 2012 sebanyak 366 unit (68% ),
Sedangkan Rumah yang belum terlayani sebanyak 171 rumah ( 32 % ) dgn jumlah 537
rumah di dukuh Pakel, sedangkan
370 rumah dan 475 KK di dukuh Sambikerep di layani Badan pengelola setempat (
SUMBER SARI ) hasil DAK tahun 2010
dengan cakupan wilayah di dukuh Sambikerep yg sampai saat ini sudah terdapat
143 SR ( sambungan Rumah ) atau 39 % dan yg belum terlayani 227 Rumah atau 61 %.
Dalam
penyusunan rencana kerja kami lakukan dengan
“ Pendekatan Kebutuhan “ atau“ demand approach “
II.
PEMELIHARAAN,PELAYANAN DAN PENGEMBANGAN
Pemeliharaan
kami lakukan rutin tiap bulan karena sumur dan bak tower [bak resorvoir]
lokasinya sama sehingga memudahkan kami untuk melakukan perawatan dan setahun
sekali uji laborat, untuk menguras bak kami lakukan tiap tiga bulan
sekali. Pada bulan desember 2010
kami membuka aotleat baru sepanjang 360 meter yg kami salurkan di 2 rt (Rt,
06,07Rw. 02) yg lokasinya agak tinggi dari rt lainnya,sehingga dalam
pendistribusian air hasilnya sama karena sebelumnya banyak komplin di wilayah
tersbut.
Untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap BP SPAMS maka kami persiapkan
traker dan sebuah pompa cadangan ( Pedrolo ) untuk anstisipasi jika terjadi kerusakan
pada bulan January 2011 membeli satu set
computer + program rekening pembayaran air, pada bulan juli dan agustus ikut
membantu dalam kontribusi dana
pembuatan gorong gorong di Rw 02 dan membeli satu set computer+modem untuk
pelayanan pembayaran rekening listrik
serta membeli 2 meja computer 1 lemari arsip, pada bulan agustus 2011 membuat
kantor BP SPAMS, pada bulan desember ikut dalam penyandang dana pembuatan pagar
makam ,untuk tiap tahun nya kami membuat
kalender tirta sari . dan untuk kerusakan kami data di
buku kerusakan , kami membuka sms & call center untuk layanan gangguan.
Iuran pelanggan kami layani di kantor BP SPAMS Setiap tanggal 05 s/d 20 setiap bulanya dan kami bekerja sama
dengan pihak bank untuk melayani pembayaran rekening listrik. Pada bulan Juli
kami merubah dan menambah jaringan sepanjan 60 & 80 meter di Rt. 06 & 07
Rw. 02.
Pada saat
lebaran tahun 2012 kami mendapat masalah kekurangan stok air dengan adanya
urbanisasi mudik lebaran dan pemakaian yang bersama-sama sehingga solusi yang
kami dapatkan adalah pembuatan tambahan ( bak tendon ) karena masyarakat
pengguna di sosialisasi untuk membuat bak tendon di rumah-rumah kurang respon
terkait masalah biaya untuk itu kami segera membuat RAB yang kami ajukan ke
Pemerintah Desa dan di setujui , segera kami laksanakan pembuatan bak tendon di
dekat pusat sumber dengan menelan biaya Rp. 47.000.000 (empat puluh tujuh juta
rupiah ) dengan kapasitas 27 M3.
III.
SOSIALISASI
PHBS
UKK [ unit kerja kesehatan ] BP
SPAMS mengadakan sosialisasi di masyarakat lewat pertamuan rt dan di sekolah-
sekolah [SD] tentang pola hidup bersih dan sehat mulai dari cuci tangan dengan
sabun pembuatan wc / jamban yang tertutup ‘’STOP BABS’’. Upaya yang kami lakukan cukup signifikan
terbukti di dukuh pakel yang di huni 537 Rumah sudah tidak di temukan lagi
kasus BABS di sembarang tempat tidak seperti sebelum ada progam PAMSIMAS. Semua
itu tak terlepas dari partisipasi dari masyarakat Desa Purwosari yang antusias
dengan adanya program PAMSIMAS , sebagai wujud komitmen masyarakat pada bulan
Pebruari 2012 warga masyarakat dukuh pakel juga telah mendeklarasikan desanya /
dusunya bebas dari BAB di sembarang tempat atau ODF ( Open Defecction fre).
IV.
KEUANGAN BP SPAMS
Adminitrasi
BP SPAMS kami buat yang sederhana [ penerimaan,pengeluaran ] sehingga mudah di
pahami dan dapat di pertanggung jawabkan isinya oleh bendahara BP SPAMS.
Buku kas kami buat [2] macam :
Ø Kas bulanan
[ iuran pelanggan ]
Ø Kas pasang
Bau [ SR ]
Saldo yang
selalu kami laporkan setiap satu bulan kepada pemerintah desa yang selanjutnya
di sampaikan kepada masyarakat [ Di tempel pada papan
informasi Pamsimas ] dan setiap bulanya audit data ke DMAC / Fasilitator
Keberlanjutan Kabupaten Pati. Adapun sumber
penerimaan
terdiri dari :iuran pelanggan , iuran pasang baru vi dari bank sedang kan
pengeluaran terdiri dari : biaya listrik, upah tenaga kerja,perlengkapan
jaringan, kontribusi paguyuban kematian di dukuh Pakel dan biaya- biaya
perawatan / kerusakan untuk selengkapnya terlampir di buku kas, untuk saldo kas Kami simpan di rekening Bank BRI.
V.
KEGIATAN DI LUAR
Ø Bulan
September 2010 mengikuti pelatihan BP SPAMS
di semarang
Ø Dan di
setiap tri wulan mengikuti pertemuan Asosiasi paguyuban BP SPAMS.
Ø Mengikuti
setiap kegiatan yang di adakan DMAC Kab. Pati
Ø Ikut berkompetisi
Desa Sasaran Hibah Intensif Desa ( HID ) Program PAMSIMAS Th, 2012 .
Ø WORKSHOP
Keberlanjutan BP SPAMS Perdesaan di Gitary Perdana Pati.
Ø Pelatihan Kader AMPL Di Hotel Gresia Semarang
Ø Pelatihan Penguatan Asosiasi di Hotel Semesta Semarang
Demikian laporan singkat kegiatan kami [ BP SPAMS TIRTA SARI ]
Semoga dapat di jadikan bahan evaluasi ,kritik dan saran yang membangun yang kami harapkan untuk kemajuan keberlanjutan
system pengelolaan yg lebih baik dan berkesinambungan.
Atas nama Badan Pengelola Sarana Penyedia Air
Minum Dan Sanitasi ( BP SPAMS ) TIRTA SARI kami
memohon maaf yg sebesar-besarnya apabila selama melayani banyak melakukan kesalahan .
Purwosari , Desember
2013
Penanggung
jawab Ketua
Kepala desa Purwosari BP SPAMS
“ TIRTA SARI “
M.TEGUH MUKHLISIN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar